Tuesday, June 13, 2017

Belajar Membuat Boneka dengan Bahan Sederhana

1. Buat Rancangan Boneka
Untuk buat boneka langkah pertama yaitu buat Bunga Flanel Wisuda rancangan boneka itu. Rancangan boneka berbentuk sketsa bentuk boneka yang bakal di buat. Semakin lebih baik lagi bila

sketsa boneka dibarengi ke terangan beberapa jenis bahan yang bakal dipakai seperti gambar tersebut.
kepala boneka dari cangkang telur ;
rambut boneka dari benang wol ;
pita berenda ;
gaun atas dari kain perca bermotif/brokat ;
lengan pakaian dari kain perca ;
tangan boneka dari kertas manila ;
tubuh boneka dari kertas karton ;
tangkai penopang kepala dari gulungan kertas manila ;
gaun bawah dari kain putih polos ;
Limbah kain perca yang disebut hasil buangan yang berbentuk sampah umumnya banyak didapati pada industri garmen, sesungguhnya masih tetap dapat digunakan seandainya mempunyai inspirasi yang kreatif. Memanglah biasanya limbah kain perca masih tetap dapat digunakan untuk buat lap atau kain pel yg tidak mempunyai nilai jual, tetapi dengan sedikit inspirasi kreatif kain perca yang awal mulanya tidak bernilai bakal mempunyai nilai jual jika dipakai untuk pembuatan kerajinan. Memakai kain perca jadi boneka lucu mungkin adalah satu diantara langkah memakai barang sisa.


2. Buat Boneka Sesuai sama Rancangan
Sediakan bahan serta alat. Bahan serta alat yang kamu perlukan yakni kain polos, kain perca bermotif, renda, pita, jarum, serta benang jahit, benang wol, gulungan kertas karton, lem, cangkang telur, gulungan kertas manila, serta gunting. Gunting-guntinglah benang wol. Panjang serta banyak sesuai sama hasratmu. Menjadikan satuguntingan-guntingan benang wol itu. Ikat pas dibagian tengahnya. Sediakan juga cangkang telur yang sudah dibuang berisi. Oleskan sisi atasnya dengan lem. Rekatkan benang wol pada cangkang telur. Bagilah rambut boneka jadi dua lalu ikat dengan pita. Setelah itu, lukislah muka pada permukaan cangkang dengan spidol.

Buat gulungan kertas berupa kerucut terpotong dengan tinggi 20 cm. Siapkan juga

tiga potong kain putih polos yang semasing memiliki ukuran 20 cm × 20 cm. Buat lubang pada ketiga potong kain itu pas di tengah-tengahnya. Masukan ketiga potong kain yang sudah di beri lubang itu pada tabung kertas dengan bersusun. Atur susunannya lalu jahitlah seputarnya untuk menjaga bentuk gaun

Ambillah kain dengan type bahan atau corak yang berlainan. Lilitkan kain itu pas pada

sisi tabung yang belum terlilit kain. Upayakan lilitannya bisa membuat pakaian. Atur lilitannya, lalu jahitlah. Untuk membuat cantik gaun boneka, kamu bisa memberikan renda atau pita. Buat tabung kecil dengan panjang 24 cm serta diameter ± 0, 75 cm. Masukan tabung itu kedalam lubangbagian bawah kepala boneka. Masukan dengan hatihati. Rekat kan tabung kertas itu pada dinding tabung karton sebagai tubuh boneka. Pakai lem atau selotif.

tahap selanjutnya buat tangan boneka. Sediakan kertas manila serta kain dengan type


bahan atau corak yang sama juga dengan type kain untuk pakaian. Buat gambar tangan dengan ukuran sesuaikan boneka. Bungkuslah bentuk tangan dengan kain hingga mem bentuk lengan pakaian panjang. Jahitlah dengan rapi. Jahitkan tangan pada bagian samping boneka. Boneka yang sudah jadi bisa dipakai jadi hiasan meja. 

No comments:

Post a Comment